Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Utama Blog yang Permanent hingga Sekarang.

 Disini, saya akan memaparkan hal utama dalam penerapan Optimasi mesin pencari. tentu siapapun anda yang melihat / membaca postingan ini sudah mengetahui bahwa SEO adalah sesuatu yang paling penting didalam dunia blogging dan website.


Dari tahun ke tahun, ada saja teknik baru bermunculan dalam menerapkan SEO. setiap saya perhatikan di blog-blog yang sudah berdiri mulai tahun 2009-2010 (termasuk blog saya yang lain yang sudah tidak ter urus), artikel mereka yang membahas tentang SEO pasti selalu berubah setiap tahunnya.


Sebenarnya perubahan tersebut bukan tanpa alasan. kenapa hal-hal tersebut terjadi adalah karena  adanya 3 Update dari google di 3 tahun berturut-turut. yang antara lain: perubahan Algoritma Google Panda (2011), Penguin (2012) dan Hummingbird (2013). itulah yang membuat kenapa strategi baru bermunculan dan teknik yang lama hanya sebagian saja yang masih berlaku untuk di terapkan ke blog.




SEO Blog yang Masih Awet

1. Konten

Lahhh.. konten lagi...konten,..lagi..!!! ya iya doong. kan banyak yang bilang kalo konten adalah raja. hehehehee..

Seperti yang sudah kita ketahui. di blog mana pun anda baca, rata-rata menyarankan agar sebuah postingan memiliki minimal 250-300 kata. ya itu sah-sah aja. karena seperti yang sudah saya sebutkan di atas. konten lah yang memimpin blog anda untuk menempuh tempat tertinggi di mesin penelusur.

Ini saya contohkan, anggap saja konten tadi menjadi seorang RAJA beneran. disini melibatkan peperangan dua raja, bayangkan jika salah satu raja tersebut hanya memiliki sedikit prajurit, dan yang satu nya lagi mempunyai banyak prajurit. nah tentu sudah dapat diketahui raja yang mana yang lebih unggul. sudah pasti raja yang ke 2.

Bisa saja pendapat anda akan berbeda dari cerita singkat di atas dengan berbagai pemikiran, untuk ide cerita tersebut, saya dapatkan mendadak dengan pemikiran logika saja. dengan banyak prajurit, tentu memiliki lebih banyak variasi serangan, dan lebih mudah untuk menang.

Maaf jika terlalu banyak basa basi. hehehee.. intinya begini: sama dengan konten kita. jika memiliki banyak kata (prajurit). sudah pasti semakin banyak pula variasi serangan (keyword) untuk memenangkan persaingan di search engine. tapi ingat. jangan asal menulis panjang saja. kualitas dan manfaat nya juga harus sepadan. utamakan pembaca.

2. Asal Backlink

Backlink juga masih menjadi salah satu faktor seperti apa hasil blog anda di peringkat google. tapi jangan asal-asalan aja. nyepam sana sini demi mendapatkan banyak backlink. ini sudah tahun 2016 vrooo. tindakan seperti itu sudah tidak berlaku. malah, bisa-bisa berdampak buruk ke SEO blog. Usahakan baclink yang dihasilkan berkualitas, bisa berasal dari blog yang lebih tenar, situs ternama. dan social media. (G+, FB dll), . Terus kalau kebiasaan anda memang suka spam. ya terserah. yang pasti anda harus lebih teliti dan berhati-hati, dan di batasi spam nya. kenapa saya bilang begitu.? maklumlah saya ini termasuk mantan PREMAN SPAM. wkwkwk.. 

3. Mobile Friendly

Tentu anda sudah tau maksud dari kata mobile friendly. pada zaman sekarang ini pengakses internet sudah banyak beralih ke HP smartphone. dengan begitu. tentu sudah menjadi hal wajib untuk membuat blog supaya lebih bersahabat saat di akses via Handphone. coba perhatikan, sekarang rata-rata template yang muncul semuanya udah responsive untuk segala perangkat.

4. Kecepatan Loading blog

Satu lagi hal penting yang berpengaruh ke SEO adalah kecepatan blog anda saat di akses. untuk membuat blog anda lebih cepat saat di akses,  yang paling umum dilakukan adalah dengan meng kompres gambar dan file javascript. satu lagi, template juga bisa berpengaruh, jadi pakailah template yang ringan, nohh banyak template gratis yang super ngebut karya wong indo yang bisa anda download, cari aja di google.

Sebenarnya saya tidak tau apakah Judul postingan ini nyambung atau tidak dengan isinya, tadi nya asal ketik aja karena tidak tau mau buat judul yang tepat. maksud memasukan kata permanent karena cara-cara tersebut sebagian dari yang masih tetap bertahan hingga sekarang.