Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis E-book Bisa Dicoba

 E-book masih diminati sebagian besar pembeli di jagad maya, walaupun keberadaannya pelan-pelan mulai digantikan oleh video tutorial. Sebagian dari mereka malas untuk membaca E-book dan lebih memilih untuk melihat video yang relatif lebih mudah untuk dimengerti dan dipraktekkan.

E-book adalah buku elektronik. Bila Anda pandai dan senang menulis, peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Sebagai langkah awal, cari tahu bagaimana menjadi seorang penulis E-book yang profesional atau Anda bisa mencari di toko-toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, Kharisma, dll yang saya yakin banyak menjual jenis buku yang berjudul Cara Berbisnis E-book.




Sebelum membuat E-book Anda perlu menentukan tujuan sebagai berikut :

  • Menentukan pasar sasaran yang akan dibidik, apakah dalam negeri atau luar negeri? Yang lebih spesifik lagi yaitu akan dikonsumsi oleh anak-anak, dewasa atau orangtua dan sebagainya.
  • Coba pilih topik yang diminati pembaca atau yang sedang populer.
  • Seandainya Anda bukan seorang penulis bagaimana cara mensiasatinya?

Bagi yang membidik pasar luar negeri mau tidak mau kemampuan Bahasa Inggris menjadi suatu keharusan. Untuk E-book yang akan dibaca oleh anak-anak, mungkin cara penyampaian yang lucu, menarik dan mudah dimengerti serta diikuti oleh ilustrasi gambar menjadi suatu pilihan yang tepat. Sementara untuk konsumsi orang dewasa atau orang tua yang penting E-book tersebut mengandung informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.

Pemilihan topik disesuaikan dengan hobi, minat dan pengalaman Anda. Cara ini sudah terbukti menguntungkan dari pada yang tidak sesuai dengan hati Anda yang pada akhirnya Anda akan kehabisan energi untuk membuat dan mengeksplorasi lebih dalam.

Bila Anda bukan seorang penulis jangan berkecil hati karena kesempatan sebagai reseller E-book terbuka luas. Komisi atau fee akan Anda dapatkan setelah Anda berhasil menjual E-book milik orang lain. Ada baiknya sebelum menjadi reseller E-book Anda membeli dan mempraktekkannya terlebih dahulu sehingga bisa bercerita kepada calon pembeli Anda.

Kelebihan berbisnis E-book adalah :

1. Biaya Pembuatan Rendah dan Praktis

Karena E-book hanya berupa soft copy Anda bisa dengan mudah membawanya dengan flash disk atau menyimpannya di harddisk komputer atau laptop. Biaya yang kecil ini karena Anda hanya membutuhkan Ms. Word dan tool untuk mengubahnya ke dalam format E-book. Format E-book biasanya dalam PDF (Portable Document Format). Bisa juga dalam bentuk EXE.

2. Proses Transfer & Penerbitan Cepat

E-book ini anti rusak selama tidak terkena virus atau corrupt. Sekali E-book selesai dibuat bisa langsung dijual dan dikirim ke pembeli setelah mereka melakukan pembayaran. Pengirimannya juga sangat cepat sebab via internet. Pembeli juga bisa langsung menikmatinya asalkan mereka mempunyai PC, mobile phone yang telah terinstall E-book reader.

3. Stock Tidak terbatas

Hal ini dikarenakan E-book bisa dicopy berapapun kita mau ataupun didownload oleh pembeli. Yang jelas kita tidak perlu menghabiskan kertas untuk mencetaknya.

Kekurangan Berbisnis e-book adalah :

1. Faktor Bahasa dan Pembajakan

Tidak bisa dipungkiri kalau E-book itu mudah untuk dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ini resikonya karena undang-undang kita belum mampu melindungi hak cipta di dunia maya. Selain itu bahasa Inggris juga masih merupakan kendala yang besar. Di Indonesia Bahasa Inggris masih merupakan Bahasa Asing dan bukan merupakan Bahasa kedua atau Bahasa Resmi Pemerintah sehingga kita tidak wajib memahaminya.

2. Resiko Kehilangan Data

Virus dan terhapus dari harddisk kita masih menjadi momok dalam hilangnya data E-book. Oleh karena itu back-up data sangat diperlukan demi amannya data E-book dan kelangsungan bisnis kita.

Paparan tentang bisnis E-book di atas  dimaksudkan agar kita mampu mengambil keuntungannya dan menghindari segala resiko yang mungkin terjadi. Jangan lupa mempelajari cara pembayaran online demi suksesnya Bisnis Online Anda.

Selamat berkarya!