Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengalahkan Produk Kompetitor

Jenis bisnis online dengan fokus program afiliasi dan iklan seperti Adsense adalah merupakan langkah awal yang tepat sebelum terjun ke jenis bisnis lainnya. Kedua jenis bisnis ini relatif gampang ditekuni dan hasilnya juga tidak kecil.

Namun ada satu lagi jenis bisnis yang menjanjikan yaitu menciptakan produk online sendiri. Produk ini bisa berupa E-book, video, podcast atau yang lainnya. Bagi Pemula menciptakan produk online tentu tidaklah mudah tetapi bagi yang sudah lama, yach.. minimal 2 tahun berkecipung di Internet Marketing tentu relatif lebih mudah.




Berikut adalah salah satu cara yang bisa Anda tempuh dalam membuat produk online:

- Pilihlah topik yang sesuai dengan passion Anda karena hal ini akan membuat produk menjadi unik.

- Lakukan sedikit riset untuk mengetahui demand dan kompetisinya untuk keyword yang akan Anda bidik di Google Keyword Tool. Hal ini diperlukan untuk mengetahui potential revenue yang akan Anda peroleh kelak.

- Carilah produk online yang laris (Best Sellers) di Clickbank atau Amazon sebagai acuan. Pelajari kelemahan dan kelebihannya.

Cara-cara Mengalahkan Produk kompetitor:

1. Ciptakan Produk yang lebih baik dan lebih berkualitas

Produk Acuan yang telah Anda lihat sebelumnya agar dimodifikasi sesuai dengan passion, pengalaman dan ilmu Anda sendiri. Tulis ulang dan tambahkan ilustrasi dan contoh di produk Anda agar terlihat unik dan berbeda. Menurut saya menciptakan produk dengan ide baru (produk baru) akan lebih beresiko karena tidak laku dipasaran. Lebih baik ikut merasakan profit dari produk dengan kategori yang sudah beredar, diakui dan terbukti dengan menawarkan produk unik yang sedikit dimodifikasi.

2. Ciptakan Sistem Afiliasi

Bila produk Anda sudah jadi, jangan pernah memasarkannya senditi tetapi buatlah program afiliasi dengan menawarkan komisi dengan prosentasi yang lebih tinggi dari kompetitor. Ciptakan banner dan sistem yang menarik agar para anggota afiliasi tertarik untuk memasarkannya.

3. Buat Sales Page yang menarik

Pada saat visitor atau pelanggan datang ke website penjualan Anda, Sales Page ini yang akan dilihat. Buatlah sales page yang bersih dengan kalimat penjualan yang menarik, ada testimony, dll. Presell yang bagus sangat penting akan terjadinya konversi.

4. Pasanglah Follow-up Email yang lebih baik dan terstruktur

Pemasangan Opt-in Newsletter akan meningkatkan kredibilitas website Anda. Bila pada kunjungan pertama visitor tidak melakukan closing (pembelian) tidaklah masalah asalkan mereka mengisikan email mereka. Penjualan bisa Anda lakukan melalui email ini.

5. Ciptakan Produk yang Multi Format

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua pelanggan mempunyai selera yang sama. Ada yang suka baca (Produk E-book), ada yang suka mendengarkan (Produk Podcast) dan ada juga yang suka melihat sambil mendengarkan (Produk Video). Dengan multiple produk, pelanggan menjadi punya banyak pilihan.

6. Tawarkan Produk Awal Gratis

Maksudnya adalah bila Anda membuat produk online dengan 10 BAB, berikan 3 BAB awal secara GRATIS. Bila mereka merasa 3 BAB tersebut bagus, bermanfaat tentu mereka akan membeli produk Anda karena akan penasaran dengan isi BAB berikutnya. Hal ini juga bisa diterapkan, bila produk Anda adalah format video. Jadi Video 1-3 GRATIS dan video 4-10, pelanggan harus beli. Intinya buat video atau e-book yang menarik dan bermanfaat.

Isi boleh sama namun penyajian dan cara yang berbeda dan lebih mudah diimplementasikan juga tidak masalah dalam menciptakan produk online. Yang penting pelanggan puas, itu kuncinya.

Selamat Mencoba!