Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa SEO Penting?

 Sehebat apapun website Anda tanpa pengunjung, website tersebut akan sia-sia. Oleh karena itu belajar mengenai strategi dan cara mendatangkan pengunjung ke website Anda sangatlah diperlukan.

SEO singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya melakukan optimasi website atau blog di mesin pencari (Search Engine) agar website kite terindex dan ditampilkan di urutan atas atau halaman pertama di search engine bila ada pengunjung mengetikkan keyword atau informasi yang relevan dengan isi website kita.

Bagi sebagian orang teknik SEO yang natural lebih lama untuk memetik hasil, maka tidak heran banyak yang menempuh dengan cara lain seperti Google Adwords yaitu PPC berbayar, Joint Venture, Forum, ataupun Marketing E-mail. Namun perlu diketahui bahwa natural SEO mempunyai kekuatan jangka panjang.




Dengan menilik perkembangan website yang tinggi membuat persaingan untuk mendapatkan ranking tinggi di halaman pertama menjadi sangat ketat. Dengan teknik dan strategi yang tepat SEO mudah dilakukan. Bagi yang merasa bila SEO itu susah karena tidak pernah mencoba. Jadi tidak perlu mengeluarkan dana untuk membuat website kita ditampilkan mesin pencari.

Untuk mengawali penerapan teknik SEO yang pertama kali dan wajib Anda lakukan adalah mendaftarkan alamat link atau URL website atau blog Anda di situs-situs search engine yang tergolong populer. Mekanisme kerja search engine  adalah dengan sistem basis data yang dimiliki oleh situs-situs tersebut yang memiliki kemampuan mengaitkan keyword yang dimasukkan oleh pengguna sebagai kata kunci pencarian situs.

Paling tidak ada 4 Search Engine dimana website atau blog Anda daftarkan.

1. Google

Dengan cara membuka halaman Add your URL to Google melalui alamat URL : http://www.google.com/addurl/ dengan menggunakan program browser Anda.

2. Yahoo

Dengan cara mendaftar melalui: https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit/

3. MSN

Melalui : http://webmaster.live.com/

4. Technorati

Mendaftar pada : http://www.technorati.com/

Selain itu yang perlu diperhatikan dalam SEO :

  • Faktor Internal di website Anda

Konten yang terdapat pada blog Anda minimal 3 keyword untuk setiap artikel. Penempatan keyword tersebut bisa di bagian awal, tengah dan belakang artikel. Pembuatan meta tags dan site maps juga perlu dilakukan.

  • Faktor eksternal di website Anda

Back link adalah faktor yang sangat penting dalam SEO. Back link adalah Link website Anda yang ditampilkan oleh website orang lain. Search engine sangat memperhatikan kualitas dan banyaknya back link terhadap suatu website dalam pengideksan dan penampilan.

Masih banyak lagi hal teknis yang diperlukan dalam SEO dalam memberikan traffic ke website Anda. Teknik SEO off-page, on-page secara detil dan mendalam perlu juga dipraktekkan.