Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Mengapa Wikipedia selalu Ranking Tinggi di Google Search

 Bila kita mengamati hasil pencarian Google selama ini dapat disimpulkan bahwa Wikipedia selalu berada terdepan atau rangking tinggi setiap SERP Google. Sebagai seorang Blogger and Internet Marketer tentu kita juga menginginkan hal tersebut terhadap website atau blog kita. Wikipedia adalah Ensiklopedi Online terbesar dengan berbagai Bahasa dengan pengguna dapat mengeditnya.

Selama beberapa hari saya fokus meneliti dan memperhatikan trik dan cara bagaimana Wikipedia bisa melakukan hal tersebut di hampir semua keyword yang setiap orang tuliskan. Kemudian saya tulis sebagai bahan interopeksi bila ternyata ada blog atau website Anda yang belum dapat dioptimalkan selama ini.




Berikut adalah Rahasia Mengapa Wikipedia selalu Ranking Tinggi di Google Search:

1. Konten yang berkualitas tidak cukup namun juga dibarengi dengan mengoptimalkan teknik SEO

Kita berlomba-lomba membuat konten yang bagus dan berkualitas namun tanpa optimasi SEO, Anda akan kalah dengan mereka yang hanya dengan konten biasa tetapi mampu mengoptimalkan teknik SEO. Namun tidak bisa dibantah bahwa wikipedia memang menampilkan kualitas konten yang terbaik.

2. Membangun Interlinking yang tepat dan relevan.

Bila Anda perhatikan dengan seksama bahwa Wikipedia mempunyai link terbesar terhadap artikel atau page yang sangat relevan. Setiap link yang dibangun mempunyai Anchor Text dan relevansi artikel yang tepat dan berguna bagi pembacanya. Hampir tidak ditemukan tautan yang mengarah ke promosi produk seperti yang dilakukan oleh banyak Blogger atau Internet Marketer.

3. No Copy Paste of Content

Pengalaman buruk pengguna Wikipedia tidak ditemukan karena adanya konten yang copy paste. Dampaknya adalah Bounce Rate yang sangat rendah karena adanya kepuasan pengunjung dan adanya revisit yang tinggi. Bounce rate yang normal kira-kira 50%-60%. Bila lebih dari 80% maka termasuk kategori jelek, sedangkan Wikipedia selalu berada di bawah 30%. Lamanya pengunjung di setiap page dan adanya prosentase revisit yang tinggi menjadi pertimbangan utama mengapa prosentase Bounce Rate Wikipedia rendah. Duplicate content tidak akan Anda temukan disetiap konten di Wikipedia.

4. Perbedaan Konten di setiap page yang ditampilkan

Setiap link yang mengarah ke page yang lain selalu sesuai dengan keyword yang diinginkan oleh pembaca dengan relevansi tinggi dan isi yang berkualitas. Jadi tidak ada konten page yang dianggap sampah oleh Google. Promosi produk di setiap page tidak dipermasalahkan asalkan adanya artikel atau review yang cukup, relevan dan berguna bagi pengunjung.

5. Update Konten terus menerus

Untuk memuaskan setiap pembaca atau pengguna, Wikipedia selalu mengupadte kontennya secara kontinyu dan benar sesuai fakta yang terjadi. Setiap konten yang tampil sangat informative dan memang dicari pengunjung webste tersebut. Update konten dilakukan tidak hanya pada konten baru tetapi juga konten lama yang sudah tidak relevan atau tidak sesuai dengan fakta saat ini.

6. No SPAM

Wikipedia menjadi besar seperti sekarang karena tidak mau terlibat Spamming. Untuk menghindari hal tersebut Wikipedia selalu melakukan edit, review dan ricek setiap link secara menyeluruh setiap konten yang ditampilkan. Hal ini untuk menghindari “Out the record”.

Semoga bermanfaat!