Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Ampuh di Video Marketing

 Video adalah salah satu media pemasaran atau marketing yang ampuh untuk bisnis online saat ini selain media sosial seperti Facebook dan Twitter. Banyak sekali website video yang terkenal di jagat internet namun yang paling popular adalah youtube. Ada 3 raksasa di dunia maya saat ini yaitu Google, Facebook dan yang terakhir adalah Youtube.

Sarana promosi video menjadi dominan sekarang ini dikarenakan banyak orang yang malas untuk membaca satu demi satu huruf yang ditampilkan oleh website tetapi mereka lebih senang dan nyaman hanya melihat sambil mendengarkan tanpa banyak mengeluarkan energi dan pikiran.

Hal ini bisa dimaklumi bahwa setiap orang telah lelah seharian bekerja dan ingin lebih praktis dan simple dalam menyerap setiap ilmu atau wawasan yang dipaparkan oleh media video. Cara belajar dengan melihat dan mendengarkan video dianggap lebih efektif dan efisien oleh sebagian besar orang di kota-kota besar.

Yang tidak kalah penting adalah adanya sarana penunjang dalam mengkonsumsi video yaitu tablet dan smart phone. Kedua gadget tersebut sangat mobile dan telah dilengkapi dengan fasilitas dan fitur pemutar video yang handal. Hanya dengan duduk, tidur atau berada dimanapun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet maka menikmati video marketing akan menjadi lebih menyenangkan.

Memang banyak Video Submission Sites saat ini namun mengapa Youtube paling dicari dan dimunculkan di setiap search engine Google?. Ya. Karena youtube notebene adalah milik Google. Jadi setiap pencarian di Google maka akan ada opsi Youtube video di dalamnya.



Berikut adalah beberapa Video Sites yang bisa diakses dan di manfaatkan untuk promosi selain Youtube.

http://video.yahoo.com/
http://atom.com/
http://www.vimeo.com/
http://www.metacafe.com/
http://blip.tv/

Penggunaan video marketing akan lebih efektif bila dibarengi dengan strategi yang tepat sasaran.

Berikut adalah Alasan mengapa Video di pilih sebagai Media Marketing online:

1. Membuat video itu sangat murah dan mudah, maksudnya gratis. Tinggal upload dan publish.

2. Search engine sangat menyukai video asalkan dengan bidikan keyword yang tepat.

3. Video adalah media marketing yang lebih atraktif dalam menyampaikan pesan kepada pemirsanya.

4. Video itu seperti pemasaran mata rantai yang tidak pernah putus karena akan menyebar dengan cepat dan tidak dibatasi oleh waktu.

Kiat agar Video Marketing Sukses:

1. Persiapkan Materi Video Anda

Membuat video marketing tidak boleh asal-asalan tetapi materi harus dipersiapkan secara benar dan lengkap karena hal ini menyangkut kredibiltas Si Pembuatnya. Maka sempatkan waktu sedikit untuk memeriksa segala sesuatunya sebelum video tersebut dibuat.

2. Perhatikan Kualitas Visual dan Audio Video

Pembuatan video marketing harus memperhatikan kualitas visual dan audio. Hal ini sangat penting untuk menghindari rasa kebosanan pemirsa. Kombinasi yang tepat antara obyek, background dan orang di dalamnya harus benar-benar serasi. Bahasa dan suara yang jelas diperlukan demi kepuasan dan kemudahan untuk dimengerti oleh Audience.

3. Video Anda tampak Profesional

Agar video Anda tampak professional, perpaduan topik, penampilan orang di dalamnya harus relevan satu sama lain supaya pesan yang Anda sampaikan tepat sasaran.

4. Optimalkan Video Anda

Mengoptimalkan video marketing meliputi:
- Setting SEO termasuk title, description, tag, keyword.
- Perhatian komentar dari viewer demi meningkatkan kualitas video marketing di masa yang akan datang.
- Sharing video Anda selain Youtube.
- Mungkin akan lebih baik bila video marketing Anda di link-kan juga (Embed) ke Blog Anda atau media pemasaran Web 2.0 seperti Squidoo dan HubPages.