Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Backlinks yang Ampuh untuk Promosi Website

 Ada 2 hal yang harus dilakukan setelah website atau blog Anda jadi yaitu melakukan promosi dan memperbanyak backlink yang mengarah ke website Anda agar dapat terindeks dengan baik di mesin pencari Google.

Cara promosi instant juga dapat Anda tempuh melalui Google Adwords, namun cara tersebut memerlukan biaya dan strategi dalam penerapannya.

Backlink yang Anda perlukan tidak sekedar backlick. Mengapa? Karena tidak semua backlink tidak mempunyai nilai yang sama dimata Google. Hanya backlink dari website dan blog yang mempunyai PR (Page Rank) tinggi saja yang dianggap backlink berkualitas.

Semakin tinggi PR-nya maka semakin bagus dan berkualitas dimata mesin pencari atau minimal PR 2 ke atas. Bisa Anda bayangkan 1 backlink dari Amazon.com akan lebih bagus bila dibandingkan dengan seribu atau mungkin sejuta backlink dari blog dengan PR 0 atau website yang baru dibuat.

Tapi yang menjadi pertanyaan apakah website sekaliber Amazon mau memberikan backlink buat blog atau website Anda? Tentu hal yang mustahil namun kalau blog Anda sekelas Facebook.com mungkin akan lain jadinya. Dan hal yang terpenting adalah Anda tidak akan menunggu untuk mendapatkan backlink seperti itu bukan?!..





Berikut adalah Timeline yang harus Anda pertimbangkan dalam melakukan strategi backlick yang ampuh:

1. Buatlah konten yang bagus dan berkualitas secara berkala yang disukai oleh pengunjung. Konten yang asli dan unik serta bukan Copy Paste akan disukai pengunjung dan Google. Konten yang berkualias tidak saja menguntungkan Anda namun juga akan dibuat backlink secara sukarela oleh pengunjung yang setia yang sudi melink website Anda ke Blog mereka.

2. Agar strategi backlink Anda sukses perlu dibuat daftar kerja dengan rentang waktu yang terstruktur agar terkesan Natural dan tidak seperti spammer (memberondong banyak backlink dalam waktu singkat setelah itu stop). Hal ini sangat tidak disukai mesin pencari. Tulislah setiap strategi backlink di Microsoft Excel dan kasih centang bila Anda telah selesai melakukannya.

3. Buatlah 1 artikel utama dan lakukan spinning agar menjadi banyak artikel, buatlah profile dan sebar diberbagai situs dengan PR lebih dari 5 dengan menempatkan URL site Anda agar memberikan backlink yang berkualitas ke website Anda. Memang cara tersebut terkesan membosankan dan melelahkan namun cara itu akan Anda rasakan manfaatnya sampai beberapa tahun kedepan.

4. Supaya indexing Google di page 1 atau page 2 cukup bertahan lama diperlukan update konten secara berkala dengan berbagai keyword yang tertarget. Maka setiap pembuatan artikel baru, lakukan riset keyword dulu dengan long tail keyword lebih baik dan berhubungan dengan topik blog yang telah Anda pilih sebelumnya.

Berikut adalah 10 daftar website atau blog yang mampu memberikan sumber backlink berkualitas untuk Promosi website Anda:

1. Squidoo.com: Anda bisa membuat lenses atau posting dengan menambahkan link URL Anda. Menyelipkan video Youtube merupakan nilai tambah dan akan lebih baik.

2. Reddit.com : Adalah situs popular lainnya yang bisa Anda coba selain Squidoo. Anda bisa mensubmit artikel diblog Anda ke Reditt.

3. Weebly.com : Website ini termasuk Web 2.0 dimana Anda dituntut untuk membuat mini site di dalamnya dengan menempatkan link URL Anda serta tambahkan image atau gambar di dalamnya dan jangan lupa judul atau anchor text-nya disesuaikan dengan topic blog Anda.

4. eZineArticles.com : Adalah merupakan article directory yang sangat terkenal dan disukai para Internet Marketer di seluruh dunia.

5. Youtube.com. Adalah website yang memuat video sharing yang dimiliki oleg Google serta sangat terkenal. Lakukan sign-up terlebih dahulu dan buatlah profile Anda sebelum Anda mengupload video yang menyertakan link blog Anda.

6. Flickr.com : Adalah website foto sharing dan merupakan salah satu tempat favorit saya mengambil image untuk semua blog saya dengan menyertakan link mereka yang membuat. Buat profile Anda di site ini dan sertakan URL link-nya.

7. Digg.com : Adalah website yang menyuguhkan berita popular yang sangat terkenal. Bila sudah terkena Digg effects, bukan tidak mungkin website Anda akan kebanjiran pengunjung.

8. HubPages.com : Adalah website yang juga terkenal dalam memberikan efek backlink. Tanamkan link di artikel di dalamnya.

9. StumbleUpon.com : Adalah web pages yang terkenal. Submit website Anda beserta link URL site.

10. Answer.yahoo.com : Anda dapat berperan aktif di dalamnya dalam menjawab setiap pertanyaan anggotanya serta ajukan juga pertanyaan yang mungkin Anda belum tahu tentang segala hal. Ikut sertakan link untuk setiap jawaban yang Anda berikan.

Selamat mencoba!