Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Promosi Online

 Promosi adalah salah satu strategi yang sangat penting dalam berbisnis secara oline. Tanpa promosi bisa dipastikan usaha kita di dunia bisnis akan mati dan bangkrut karena calon pembeli kita tidak tahu apa yang kita tawarkan sebagai produk. Promosi online tidak jauh beda berpromosi di dunia offline atau nyata. Hal yang membedakan adalah terletak pada media promosi yang digunakan.


Beberapa cara promosi via internet atau dunia online yaitu diantaranya:



1. Menggunakan iklan mini atau iklan baris secara gratis.

Iklan mini ini sangat banyak tersebar di dunia online. Ada yang menyediakan layanan gratis dan juga menyediakan layanan berbayar. Tentunya jika anda menggunakan layanan yang berbayar anda akan mendapatkan berbagai macam fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang gratis. Daripada anda repot men-submit satu per satu iklan anda di layanan iklan mini. Saya perkenalkan sebuah software yang mampu menyebarkan iklan anda ke berbagai website penyedia iklan gratis dalam sekali KLIK. Hebat bukan! Layanan ini berbayar tapi sangat terjangkau dibandingkan waktu dan tenaga yang anda keluarkan untuk men-submit iklan anda satu per satu. Softwarenya bisa diunduh >>> DISINI.


2. Aktif di Newsgroup dan Forum

Jika anda pemain baru dalam bisnis online, maka anda perlu aktif menunjukkan eksistensi anda serta website anda kepada orang lain. Salah satu yang bisa dilakukan adalah join dan aktif di newsgroup dan forum di internet. Berbagai macam forum dan newsgroup yang bertebaran di internet. Anda bisa menemukannya dengan fasilitas search engine dengan memasukkan kata kunci newsgroup atau forum mengenai topik tertentu. Misanya “internet marketing forum”. Newsgroup bisa disebut dengan mailing list / milist. Jika anda pemasar Indonesia, sarana milis yang terbanyak bisa anda dapatkan adalah milik http://yahoogroups.com, disana anda akan banyak menjumpai berbagai macam forum untuk kebutuhan bisnis anda. Tentunya dengan daftar akun yahoo dan join milist tersebut.


3. Email marketing

Maksud dari email marketing adalah menggunakan fasilitas email untuk keperluan bisnis kita. Jadi melalui media email anda bisa mengirimkan iklan atau newsletter keada shabat terdekat, keluarga, teman, dan sebagainya sehingga dapat mendatangkan penjualan bagi anda. Pada umumnya para pengiklan hanya mengandalkan situs iklan atau website mereka tanpa sadar bahwa penggunaan email pun bisa secara efektif dan efisien dalam mendatangkan pembeli online. Namun, ada beberapa kendala jika anda mengirim satu per satu email kepada rekan-rekan anda. Pasti akan memakan banyak waktu dan tenaga. Sekali lagi saya akan perkenalkan anda software yang mampu mengirimkan email marketing anda secar masal. Tentunya software ini legal dan valid tanpa adanya spam. Anda akan dituntun langkah demi langkah penggunaan email marketing ini sehingga tidak menjadi spam email yang merugikan. 


4. Blogwalking

Maksud dari blogwalking adalah jalan-jalan di website/blog milik orang lain dengan cara memberikan komentar pada artikel suatu blog/website milik orang lain. Dengan ini maka website anda akan dilihat oleh orang lain yang meng-klik nama/website anda di dalam suatu postingan komentar. Hal ini sangat efektif sebagai sarana prmosi website/blog/produk anda. Sebagai contoh jika anda memberikan komentar pada artikel saya ini, maka link website anda akan terekam dalam komentar saya, tentunya anda harus mengisi nama dan URL anda pada kotak komentar artikel ini. Coba deh beri komentar untuk artikel ini dan rasakan manfaatnya.