Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegagalan Dalam Bisnis

Dalam memulai suatu bisnis, pasti anda sangat mengkhawatirkan dengan masalah gagal. Memang gagal ini merupakan salah satu bumbu dalam berbisnis maksudnya setiap berusaha, kegagalan dalam bisnis akan selalu mengiringi langkah kita. Diperlukan suatu langkah dan strategi yang tepat agar kegagalan bisa kita minimalisir ke tingkat serendah-rendahnya. 

Ohya kembali lagi ke tema kita, kenapa kita selalu gagal dalam mulai berbisnis di awal usaha kita. Kadang kegagalan itu diperlukan agar hati dan mental kita semakin kuat dalam mengarungi derasnya arus bisnis dewasa ini. Namun, jika kita tidak belajar dari sebuah kegagalan maka gagal tersebut bisa menjadi penyakit mental dikemudian hari. Baik, ada beberapa hal yang membuat anda merasa gagal di awal usaha kita dalam berbisnis, diantaranya :



1. Belum mempunyai niat yang benar

Sebelum memulai usaha kita harus memiliki niat yang kuat jelas. Niat ini menjadi landasan kita dalam mengarungi derasnya persaingan bisnis dewasa ini. Untuk apa dan mengapa anda berbisnis itu bisa menentukan mental dan semangat kita di awal usaha. Jangan sekedar ikut-ikutan ya.


2. Kurang fokus

Untuk hal ini biasa dirasakan oleh para pebisnis pada umumnya. Mereka kadang tidak terlau fokus apa yang telah dijalankan. Komitmennya lemah dalam langkah yang telah diambil. Jika ada teman yang sukses di bidang tertentu, anda langsung terburu-buru bantir setir beralih ke bisnis yang serupa dengan teman anda. Namun, malah kerugian dan kegagalan yang anda dapat karena anda hanya sekedar mengikutinya lalu seterusnya begitu tanpa disadari. Kesuksesan bisa diraih kalau anda fokus apa yang telah anda rintis dan niatkan sejak awal berbisnis.


3. Malas/kehilangan motivasi

penyakit terbesar seorang pengusaha adalah malas. Malas dalam hal apapun merupakan penyakit ganas yang harus dihindari. Kadang rasa malas muncul jika kesuksesan tidak bisa diraih dengan cepat atau lemah dalam komitmen juga merupakan sebab awal muncul rasa malas. Kawan, jika anda mulai merasa malas dan kehilangan motivasi, ingat kembali niat dan komitmen awal. Tujuan anda dalam berbisnis itu seperti apa, hal itu bisa membangkitkan kembali semangat yang selama ini hilang. Singkatnya, jika anda malas ingat komitmen dan tujuan anda dalam berbisnis.


4. Kurang silaturahmi

Nah, untuk poin ini sangat penting untuk dilakukan. Mungkin selama ini anda kurang memperhatikan hal ini sehingga anda dijauhkan dari rejeki. Teman atau kerabat bisa menjadi pemicu semangat kita dalam menjalankan bisnis. Jadi kegagalan itu tidak melulu masalah teknis saja tapi masalah non teknis harus kita perhatikan agar usaha kita semakin lengkap dan kuat. Oleh karena itu, rajin-rajin lah dalam silturahmi, saing tukar pikiran saing diskusi/sharing apalagi teman kita tersebut juga merintis bisnis jadi lebih nyambung diskusinya.


Penyebab kegagalan diatas merupakan beberapa yang telah saya alami selama menjalankan bisnis. Kadang jika kita sudah merasa mentok, teman atau kerabat bisa menjadi sumber ide/inspirasi dalam bisnis kita. Jadi tetap semangat dalam menjalani bisnis ya kawan apapun rintangan yang dihadapi, anda harus kuat dan bersemangat.


Ohya saya ada rekomendasi jika teman-teman berbisnis anti gagal (resiko gagal kecil), caranya bisa dilihat: