Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Usaha Sampingan dengan Modal Terbatas

 Artikel ini sebenarnya saya tujukan pada para karyawan yang sedang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Kenapa? ya karena yang bisa menjalankan usaha sampingan itu para karyawan kalau pengusaha itu namanya sudah usaha full time bukan sampingan hehe. Sebagian besar karyawan setahu saya ingin mencari penghasilan tambahan selain penghasilan utama bekerja. Hal ini dikarenakan tuntutan kebutuhan hidup yang semakin banyak dan mahal sehingga  karyawan memilih untuk mencoba memulai usaha sampingan tentunya dengan modal yang terbatas.


Ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan sebagai usaha sampingan di rumah tanpa mengganggu pekerjaan utama anda sebagai karyawan, diantaranya :



1. Ada niat yang kuat untuk memulai usaha sampingan

Niat yang baik dan kuat akan membawa tujuan yang jelas dan terarah karena namanya usaha resiko gagal selalu mengiringi  perjalanan setiap usaha kita. Jika niat kita cuma sepintas saja maka terkena ujian yang kecil saja sudah mengeluh dan ingin berhenti usaha.


2. Tentukan produk apa yang akan dijual, lakukan riset dulu

Jika sudah punya niat untuk memulai usaha sampingan, maka langkah selanjutnya adalah produk apa yang ingin anda jual. Jika masih bingung, coba pergi keluar atau ke pasar hanya untuk sekedar mencari ide bisnis yang tepat. Atau anda juga bisa sharing dengan teman anda untuk diskusi bisnis sampingan ini.


3. Tetapan perencanaan yang jelas dan terstruktur dengan baik

Sebuah usaha tanpa rencana adalah sia-sia. Agar usaha sampingan anda berjalan sesuai dengan keinginan kita maka kita harus membuat  perencanaan bisnis yang baik dan tepat. Dari mana memulainya, dari mana modal awalnya, lokasi usaha dan masalah pembukuan keuangan. Semua harus direncanakan sedemikian rupa agar usaha sampingan kita berpotensi lancar dan sukses


4. Cari partner bisnis yang dapat dipercaya dan mempunyai semangat yang antusias terhadap bisnis

Agar bisnis kita bisa berjalan secara full time maka kita harus mencari partner bisnis yang tentunya dapat dipercaya untuk menjalankan usaha sampingan kita. Masalah teknis dilapangan bisa kita serahkan ke partner bisnis kita tapi tetap kita kontrol operasionalnya sehingga kita bisa mengetahui histori operasional sehari-hari. Usahakan partner bisnis kita mempunyai semangat dan niat yang kuat agar bisnis kita bisa berjalan dengan peran kita sebagai karyawan.


5. Berinvetasilah dalam bisnis

Maksud berinvestasi disini bukan hanya melulu beli barang untuk memenuhi kebutuhan fisik bisnis kita, namun juga bisa diartikan investasi dalam ilmu bisnis. Coba untuk mencari ilmu pengetahuan dan pandangan baru dalam berbisnis, siapa tahu dengan membaca atau mengikuti seminar/training bisnis kita mendapatkan inspirasi dalam menjalankan usaha sampingan kita.


Nah berbicara mengenai ilmu bisnis, saya ada rekomendasi yang sangat baik jika anda berinvestasi dalam ilmu bisnis. Namanya training sejuta sehari. Didalam pembelajaran bisnis tersebut, anda akan diajarkan menjalankan bisnis secara terukur dan tersistematis sehingga lebih cepat dan mudah dalam mencari calon konsumen yang tertarget. Dibimbing langsung oleh praktisi pengusaha yang hebat dan teruji kapasitasnya.


Untuk lebih jelasnya kunjungi >> http://internetbagus.com/trainingonline.com <<


Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi pada teman-teman sekalian. Amiinnn…