Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami dan mengaplikasikan “Personal Branding” di facebook!

“Personal branding” mendengar kata ini apa yang terbesit dalam benak anda? dan Kenapa sih anda sebagai marketer harus menerapkan “personal branding” ini di facebook? OK, Sedikit artikel ini mungkin akan memberikan jawaban untuk anda.


Jujur saya akui, banyak di antara teman-teman offline saya yang mengesampingkan personal branding ini, padahal kalau kita analisa lebih jauh personal branding ini adalah pondasi utama untuk membentuk “trust” orang terhadap apa yang kita tawarkan, dan juga bisnis yang kita bangun, iya nggak?


Tentunya dalam dalam konteks make money online tentu personal branding ini sangat membantu tercapai konversi penjualan apapun produk atau jasa yang kita jual, karena seperti yang kita tahu bahwa orang itu cenderung membeli sesuatu dari orang yang lebih dekat, atau membeli sesuatu dari yang lebih dipercayai sebelumnya.


Sebagai contoh kasus sederhana, Si A yang sudah memiliki nama dalam dunia internet marketing memberikan offer produk Affilliate dengan bonus, sementara si B (yang masih newbie) juga promosi produk affilliate yang sama, bahkan bonus yang diberikan melebihi Si A. maka secara logika dan secara psikis, anda (dalam hal ini sebagai buyer) akan lebih cenderung membeli offer dari si A. Kenapa demikian? karena di mata anda A lebih berkelas, A lebih bisa anda percaya, Nah di sinilah kenapa anda juga harus menerapkan “personal Branding” ketika menggunakan facebook gratisan sebagai media promosi.



Lalu bagaimana sih penerapan Personal branding di facebook ini?


Sepanjang pengalaman saya, Ada 3 elemen mendasar untuk bisa menerapkan prinsip ini dalam facebook :


Gunakan Gambar Profile Anda sendiri

Ada berapa banyak profile yang fake di facebook? apakah anda alah satunya, Jika kita menggunakan acebook untuk tujuan membangun branding kita, maka sebaiknya anda gunakan profile yang memang profile anda sendiri bukan profile yang abal-abal, apalagi menggunakan profile kartun, Heeei,, It’s Business man!!


Usahakan menggunakan profile yang jelas dan bagus (enak dipandang)

Usahakan pilih gambar diri yang menurut anda paling bagus, kenapa hal ini perlu anda lakukan, karena melalui profile yang anda bangun anda akan membangun networking dan membanun haringan bisnis, bagakaman mungkin orang mau merespon pertemanan anda, mana kala profile yang anda gunakan terlihat arogan dan tidak ramah.


Gunakan timeline image yang mencerminkan diri anda dan bisnis yang anda kembangkan di internet.

Ada banyak teman-teman pemula, yang mungin menafikkan betapa pentingnya penggunaan graphic yang menarik di timeline yang digunakan, padahal di timeline graphic inilah kita memperkenalkan secara general bisnis yang kita bangun. yang bahkan timeline image sangat ampuh untuk kita gunakan untuk menginformasi produk, event bisnis yang akan kita jalankan. Lalu Sudahkah anda memiliki GRAPHIC TIMELINE FACEBOOK yang menarik?


Buat Status informasi sesuai niche yang anda bidik.

Buatlah status yang sebaiknya ada hubungannya dengan niche yang anda bidik, karena dengan melakukan hal ini selain akun anda mendapatkan interaksi dengan mudah, trust kepada akun anda akan jauh lebih kuat.


Demikian Tips membangun Posnal branding di facebook, silakan coba anda terapkan dan  rasakan bedanya. Jangan sampai melakukan kesalahan dalam facebook marketing ya!